Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) merupakan suatu rangkaian mekanisme atau sistem yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan agar sesuai dengan harapan para pemangku kepentingan (stakeholders) dengan mendasarkan pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) sebagai dasar peningkatan kinerja perusahaan. Dengan dilakukannya pemutakhiran seluruh perangkat GCG secara terus menerus.

Mekanisme atau sistem ini mempengaruhi penetapan dan pencapaian tujuan perusahaan, pemantauan dan penilaian risiko usaha, memaksimalkan upaya peningkatan kinerja dan pembentukan serta pengembangan budaya kerja di lingkungan perusahaan.
Bagi Jamkrida Riau, penerapan tata kelola perusahaan yang baik bukan hanya sekadar kewajiban, namun sudah merupakan suatu keniscayaan untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan perusahaan kepada publik. Pengembangan GCG selaras dengan best practices yang dilakukan secara berkelanjutan untuk mendorong :

  1. Menciptakan nilai melalui sikap dan perilaku kewirausahaan.
  2. Memberikan pelayanan yang bernilai tinggi, inovatif, ramah, efisien dan efektif.
  3. Menyelenggarakan riset/penelitian dan pengembangan yang tepat guna.
  4. Menyediakan sistem pengendalian yang dapat menjamin akuntabilitas yang sepadan dengan risiko usahanya
  5. Menciptakan iklim persaingan yang sehat.
  6. Menjaga kelangsungan usaha perusahaan.
  7. Memberikan perlindungan yang memadai dan perlakuan yang adil kepada Pemegang Saham, pengelola, dan pemangku kepentingan lainnya, melalui peningkatan nilai Pemegang Saham (shareholder value), secara maksimal.
  8. Memberikan kontribusi secara maksimal pada peningkatan pelayanan jasa penjaminan yang dikelola.
  9. Meningkatkan dan menjaga citra perusahaan melalui pelayanan prima di bidang penjaminan.
  10. Menjaga sumber dana yang dimiliki dan digunakan untuk usaha perusahaan. Dengan komitmen dan kepatuhan pada penerapan tata kelola perusahaan yang baik diharapkan dapat menjamin pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan kepercayaan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya terhadap perusahaan.

Perangkat Pedoman Penerapan GCG sampai dengan tahun 2017, sebagai wujud pelaksanaan GCG adalah sebagai berikut: