Tata Cara Penyampaian Pelaporan Pelanggaran (Whistle Blowing System)

Kepada seluruh terjamin PT. Jamkrida Riau yang kami hormati, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor. 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menginformasikan mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan konsumen sebagai berikut :

 

Media Penyampaian Pengaduan Konsumen

Jamkrida Riau WBS adalah sarana untuk menyampaikan, mengelola dan menindaklanjuti laporan mengenai dugaan terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh pihak Jamkrida Riau.

Pengaduan dapat disampaikan secara lisan (tatap muka/telpon) atau tertulis (surat/e-mail) melalui :

- Kantor Jamkrida Riau : Jl. Sudirman No. 438 Pekanbaru

- Website di http ://www.jamkridariau.com

- E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Mekanisme dan Persyaratan Penyampaian Pengaduan Konsumen

 - Pengaduan Lisan

  1. Pengaduan disampaikan melalui telepon dan tatap muka dengan pejabat/pegawai Unit Penanganan Pengaduan Konsumen (UPPK) Jamkrida Riau.
  2. Pengaduan harus dilengkapi dengan informasi identitas konsumen antara lain : alamat, telpon yang dapat dihubungi, serta penjelasan singkat pengaduan.
  3. Mengisi formulir pengaduan konsumen.

  

 - Pengaduan Tertulis

  1. Pengaduan disampaikan melalui sarana/media seperti surat/fax ke 0761-7871467.
  2. Pengaduan transaksi keuangan harus dilengkapi dengan fotocopy identitas konsumen dan pendukung lainnya seperti : Identitas Konsumen, Materi     Pengaduan, Tindakan yang telah dilakukan untuk menyelesaikan pengaduan.

 

 - Pengaduan Melalui Perwakilan Konsumen :

Pengaduan secara lisan oleh konsumen dapat diwakilkan sepanjang dilakukan secara tatap muka bukan melalui telepon, dengan membawa : fotocopy bukti identitas yang mewakili konsumen, surat kuasa dari konsumen yang memberikan kewenangan kepada pihak yang mewakilinya bertindak untuk dan atas nama konsumen, atau dokumen yang menyatakan kewenangan untuk mewakili Lembaga dan/atau Badan Hukum.

 

Penanganan Pengaduan Konsumen :

  1. Jamkrida akan menindaklanjuti pengaduan dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak diterimanya pengaduan.
  2. Pengaduan yang mengandung unsur sengketa, pelanggaran ketentuan, atau kerugian konsumen sehingga membutuhkan waktu penanganan lebih dari 2 (dua) hari kerja, maka pihak Jamkrida akan meminta konsumen untuk menyampaikan pengaduan secara tertulis.
  3. Penanganan pengaduan diselesaikan dalam jangka waktu paling lama 20 (dua puluh) sejak pengaduan diterima dan harus disertai dengan dokumen pendukung secara lengkap.
  4. Dalam hal penanganan pengaduan tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu 20 (dua puluh) hari kerja, maka penyelesaian pengaduan dapat diperpanjang paling lama 20 (dua   puluh) hari kerja yang akan diinformasikan oleh pihak Jamkrida sebelum batas waktu 20 (dua puluh) hari kerja pertama berakhir.

 

Penyampaian Pengaduan ke Otoritas Jasa Keuangan :

Dalam hal pengaduan tidak mencapai kesepakatan penyelesaian, konsumen dapat melakukan penyelesaian melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menfasilitasi penyelenggaraan penyelesaian pengaduan konsumen dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Mengajukan permohonan secara tertulis disertai dokumen pendukung yang berkaitan dengan pengaduan.
  2. Pengaduan telah disampaikan kepada Jamkrida dan telah ditidaklanjuti namun tidak terdapat kesepakatan antara konsumen dan Jamkrida dalam hal keputusan dan batas waktu penyelesaian pengaduan sesuai ketentuan.
  3. Pengaduan yang diajukan merupakan masalah perdata yang tidak sedang dalam proses atau belum pernah diputus oleh lembaga arbitrase atau peradilan atau belum terdapat kesepakatan yang difasilitasi oleh lembaga mediasi atau lembaga alternatif penyelesian sengketa (LAPS) lainnya.
  4. Pengaduan yang diajukan belum pernah difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  5. Nilai pengaduan yang mengandung unsur sengketa memiliki potensi kerugian financial bagi konsumen paling banyak Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah).
  6. Pengajuan penyelesaian pengaduan tidak melebihi 60 (enam puluh) hari kerja sejak tanggal surat hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan oleh Jamkrida.